Ilustrasi. Petugas teknisi IndiHome yang sedang memperbaiki jaringan internet. | Foto: Arsip IndiHome)
Ilustrasi. Petugas teknisi IndiHome yang sedang memperbaiki jaringan internet. | Foto: Arsip IndiHome)
Cyberthreat.id –TelkomGroup mengatakan gangguan layanan internet rumah (fixed broadband) IndiHome dan seluler (mobile broadband) Telkomsel yang terjadi sejak Minggu (19 September 2021) malam bersumber dari kabel laut.
Gangguan terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak. Titik gangguan berasal dari sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam, di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.
"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado,” kata Wakil. Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom, Pujo Pramono, dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Antaranews.com, Senin (20 September).
Pelanggan Indihome dan Telkomsel mengeluh layanan internet melambat sejak kemarin pukul 17.33. Namun, hingga siang ini, keduanya menjadi trending topic di Twitter, terutama pengguna di Jakarta dan Bogor.
Sementara, dalam keterangan terpisah, Telkomsel, menyatakan gangguan layana internet juga terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, kemarin.
Gangguan berimbas pada layanan internet, sementara layanan telepon dan SMS masih berfungsi normal.
"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkomsel, Denny Abidin.
TelkomGroup menyatakan layanan berangsur pulih sejak tengah malam.[]
Share: