IND | ENG
Windows 10 Bakal Dimatikan pada Oktober 2025

Microsoft | Foto: Windows Central

Windows 10 Bakal Dimatikan pada Oktober 2025
Andi Nugroho Diposting : Senin, 14 Juni 2021 - 10:44 WIB

Cyberthreat.id – Microsoft bakal mengakhiri masa hidup Windows 10 pada 14 Oktober 2025. Hal ini dikonfirmasi perusahaan di halaman web Microsoft Windows 10 Home dan Pro Lifecyle Policy.

Di halaman itu, Microsoft mencantumkan tanggal pensiun Windows Home, Pro, Pro Education, dan Pro for Workstations.

Dua versi terakhir tersebut bisa menjadi masalah karena banyak bisnis dan institusi pendidikan bergantung pada mereka. Ini bakal menyulitkan mereka bermigrasi ke sistem operasi baru.

Pengalaman dengan Windows 7 saja proses migrasi tersebut butuh waktu yang cukup lama. Proses migrasi ini juga bakal menjadi celah keamanan yang dimanfaatkan oleh penjahat siber.

Namun, sejauh ini belum ada penjelasan lebih lanjut mengapa Microsoft akan mematikan Window 10 empat tahun lagi.

Dalam beberapa pekan terakhir, Microsoft berbicara tentang “generasi Windows berikutnya”. Mereka juga akan menggelar acara khusus pada 24 Juni mendatang.

Di kalangan industri TI, mulai terdengar desas-desus bahwa Microsoft bakal mengeluarkan Windows 11. Terlebih, acara mendatang itu kebetulan diadakan pada pukul 11.00 waktu setempat. Rumor ini menjadi semakin kuat.

Rumor Windows 11, tulis TechRadar, diakses Senin (14 Juni 2021) menjadi sesuatu yang mengejutkan. Sebab saat peluncuran Windows 10 pada 2015, Microsoft mengatakan itu adalah “versi terakhir Windows”. Terlebih, dalam tiap pembaruan perangkat lunak, sebagian besar untuk Windows 10 dibandingkan sistem operasi sebelumnya.

Namun, kepastian Windows 11 masih menjadi teka-teki dan bisa jadi taktik Microsoft agar isu Windows menjadi fokus pembicaraan.

Disebutkan, Windows 10 versi 21H1 yang baru saja  diluncurkan akan mendapatkan pembaruan hingga 13 Desember 2022. Di sini tidak dijelaskan, apakah selama tiga tahun berikutnya mendapatkan pembaruan keamanan atau tidak? Inilah yang dikhawatirkan.

Lalu, Windows 19 21H2 dikenal dengan “Sun Valley” juga disiapkan akhir 2021—dan ini menjadi pembaruan besar untuk sistem operasi ini. Kemungkinan sistem operasi ini masih didukung hingga 2023 atau mendekati masa pensiunnya.[]

#microsoft   #windows10   #windows11

Share:




BACA JUGA
Microsoft 365 Akhiri Dukungan Peramban Lawas Internet Explorer 11 Mulai 17 Agustus 2021
Hati-hati! Installer Windows 11 Palsu Berisi Adware dan Trojan
Kominfo Pantau Aktivitas Spyware Candiru
China: Tak Cukup Bukti Negaranya Operasikan Peretasan Global
AS dan Sekutunya Salahkan China di Balik Peretasan Microsoft Exchange Server