IND | ENG
Tips Memproteksi Riwayat Aktivitas Anda di My Activity Google

Google | Foto: Freepik.com

Tips Memproteksi Riwayat Aktivitas Anda di My Activity Google
Tenri Gobel Diposting : Rabu, 26 Mei 2021 - 11:06 WIB

Cyberthreat.id - Setiap kali Anda menggunakan produk Google, seperti ponsel Android, Google Assistant, Chrome, Google Maps, dan YouTube, riwayat aktivitas Anda disimpan di server perusahaan.

Bagi sebagian orang riwayat aktivitas bersifat pribadi atau sensitif. Misalnya, riwayat Anda bepergian yang tercatat karena memakai Google Maps.

Karena semua data itu bersifat pribadi, maka Anda tentu tidak ingin itu diketahui orang lain. Semua riwayat itu dapat ditinjau di bagian "My Activity".

Google menyediakan fitur baru untuk melindungi "My Activity" atau riwayat aktivitas Anda dari akses orang lain. Fitur itu merupakan verifikasi tambahan untuk memastikan hanya Anda yang dapat mengaksesnya.

Berdasarkan laman resmi Google, jika verifikasi tambahan diaktifkan, maka Google akan memastikan bahwa “itu memang Anda” sebelum Anda dapat melihat atau menghapus riwayat lengkap di "My Activity".

"Hal ini dapat membantu meningkatkan keamanan histori Anda di perangkat bersama" kata Google.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Simak caranya seperti dicoba Cyberthreat.id, Rabu (26 Mei 2021).

  1. Buka akun Google Anda dengan mengunjungi myaccount.google.com dari peramban web Anda
  2. Saat masuk ke akun Google Anda, banyak menu di halaman Beranda Google Akun. Pilih "Data & personalisasi" di bawah kotak pencarian di halaman Beranda
  3. Gulir hingga menemukan "Kontrol aktivitas". Pada bagian itu, pilih "Kelola kontrol aktivitas Anda".
  4. Anda akan masuk ke halaman "Kontrol aktivitas". Pada bagian "Aktivitas Web & Aplikasi" terdapat pilihan "Kelola aktivitas", klik itu.
  5. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman "Aktivitas Web & Aplikasi". Pilih "Kelola verifikasi Aktivitas Saya" di sebelah tulisan "Google melindungi privasi dan keamanan Anda".
  6. Muncul sembulan (pop-up) yang menjelaskan fungsi dari verifikasi itu dan disertai 2 opsi yakni "Perlu verifikasi tambahan" dan "Tidak perlu verifikasi tambahan". Pilih "Perlu verifikasi tambahan" untuk mengaktifkan lapisan keamanan untuk "My Activity" ini.
  7. Klik "Simpan" untuk menyimpan perubahan yang telah dipilih.
  8. Anda akan diarahkan untuk masuk ke akun Google Anda atau sekedar verifikasi bahwa itu Anda.
  9. Masuk lagi ke akun Google Anda untuk memverifikasi perubahan yang telah dilakukan. Setelah itu, lapisan keamanan untuk "My Activity" sudah aktif.
  10. Setiap kali Anda ingin melihat atau menghapus riwayat aktivitas Anda maka Anda perlu melewati proses verifikasi tambahan seperti mengklik "Yes" di ponsel Anda atau masukkan kata sandi Anda.[]
#riwayatpencarian   #google   #googlemaps   #myactivity   #youtube

Share:




BACA JUGA
Seorang Guru di Lampung Ditangkap Terkait Dugaan Video Hoaks, Polisi: Motifnya Ingin Dapat Subscriber dan Viewer
Gedung Putih: Facebook dan YouTube Bertanggung Jawab atas Misinformasi Vaksin
Cara Amankan Data Cloud Anda
Bank Sentral Inggris Ingatkan Risiko Ketergantungan kepada Penyedia Cloud
Google Ekspansi Infrastruktur Cloud Kedua di India