IND | ENG
Ponsel HarmonyOS Huawei Dikenalkan Awal Juni Mendatang

Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business Group, saat mengumumkan peluncuran HarmonyOS | Foto: Arsip Huawei

Ponsel HarmonyOS Huawei Dikenalkan Awal Juni Mendatang
Andi Nugroho Diposting : Rabu, 26 Mei 2021 - 10:13 WIB

Cyberthreat.id – HarmonyOS, sistem operasi seluler buatan Huawei Technologies, bakal mulai dikenalkan pada ponsel pintar pada 2 Juni mendatang.

Sistem operasi tersebut sebetulnya telah dikembangkan Huawei sejak lama, tapi perusahaan lebih memilih Android yang banyak dipakai pengguna di dunia.


Berita Terkait:


Sejak 2019, AS memasukkan perusahaan dalam daftar hitam akibatnya perusahaan teknologi AS dilarang berbisnis dengan Huawei. Salah satunya, Google, menjadi perusahaan TI pertama yang merespons kebijakan itu, yaitu dengan tidak memperpanjang dukungan Android untuk ponsel baru Huawei. Keputusan itu juga merembet dengan seluruh paket aplikasi Google.

“Tidak jelas apakah [dengan OS itu Huawei] akan meluncurkan smartphone baru pada saat yang sama atau apakah akan ada pembaruan untuk ponsel yang ada,” tulis Reuters, diakases Rabu (26 Mei 2021).

Sebagai produsen smartphone terbesar di dunia, Huawei kini menempati peringkat ke-6 secara global dengan pangsa pasar empat persen pada kuartal pertama.


Baca:


CEO Huawei Ren Zhengfei pekan ini meminta staf untuk "berani memimpin dunia" dalam perangkat lunak. Ini sebagai upaya untuk pindah ke area bisnis yang tidak dapat terpengaruh oleh sanksi AS, menurut memo internal.

Perusahaan perlu mengambil pendekatan yang lebih "open source" untuk pengembangan dan harus mencoba menarik lebih banyak ahli perangkat lunak dari luar negeri sebagai bagian dari poros, kata Zhengfei.

Dalam bahasa China, Harmony disebut dengan HongMeng. HongMeng diambil dari mitologi China yang muncul pertama kali pada karya klasik “Outer Chapters” dari Zhuangzia, filsuf Tao yang hidup di Periode Negara Berperang (475 BC-221 BC atau sekitar Abad ke-3 SM).

HongMeng merujuk pada keadaan kacau balau di alam semesta sebelum Pangu, pencipta dunia dalam mitologi China kuno, membagi dunia menjadi Surga dan Bumi.

Bagi sebagian orang, kata itu memiliki makna khusus: membebaskan kekacauan dan memulai sesuatu yang baru dari awal.

Kata itu juga sering digunakan sebagai cara merujuk ke zaman dahulu kala dalam mitologi China, tulis Global Times, surat kabar berhaluan kiri pendukung pemerintah China, yang diakses Minggu (11 Agustus)

Selain Hongmeng, Huawei sebelumnya telah menggunakan banyak nama dari mitologi China, seperti qilin (unicorn China) dan tiga dari Empat Binatang Menguntungkan–zhuque (Burung Vermilion di Selatan), xuanwu (Penyu Hitam di Utara) dan baihu (Harimau Putih dari Barat).

Dalam peluncuran HongMeng di Dongguan di China bagian selatan tersebut, Huwei juga mengenalkan layar pintar (smart screen) Honor –bukan ponsel pintar seperti diberitakan sebelumnya. Layar 55 inci ini dilengkapi tiga chip yang dikembangkan sendiri dan kamera kecerdasan buatan (AI).


Baca:

Harmony OS adalah sistem open-source, tetapi tanpa dukungan sebagian besar pengembang aplikasi, harapan untuk tumbuh dengan cepat mustahil dilakukan. Maka dari itu, Huawei pun berencana membuat yayasan open-source pertama di China.

Huawei yakin bisa mempertahankan pangsa pasar luar negeri dan menampilkan ambisi untuk membuat Harmony OS sukses.[]

#harmonyOS   #hongmeng   #china   #huawei   #android   #smartphone

Share:




BACA JUGA
BSSN-Huawei Techday 2024
Keamanan Siber Membutuhkan People, Process, dan Technology.
Intelligent Sensing, Bagian Integral Pemerintahan Smart Cities
Huawei Pamerkan Produk Unggulan di MWC Barcelona
Peretas China Beroperasi Tanpa Terdeteksi di Infrastruktur Kritis AS selama Setengah Dekade
Indonesia Tingkatkan Kolaborasi Pemanfaatan AI dengan China