IND | ENG
Mengaktifkan Fitur Autofill Password di Firefox

Logo peramban web Firefox | Foto: Mozilla/HowToGeek

Mengaktifkan Fitur Autofill Password di Firefox
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Kamis, 06 Mei 2021 - 14:30 WIB

Cyberthreat.id – Saat membuka suatu layanan di internet, seringkali pengguna diminta untuk mengisi kredensial login. Untuk mempermudah mengisi kredensial login, peramban web Firefox menyediakan fitur Autofill.

Anda tak perlu capai-capai mengetikkan kembali informasi kata sandi, tapi peramban akan langsung mengisi secari aotomatis. Namun untuk alasan keamanan beberapa pengguna yang enggan menggunakan fitur Autofill, karena akan memudahkan penjahat untuk mengambil alih akun onlinennya.

Berikut beberapa  cara untuk mengaktifkan serta mengedit atau menghapus Autofill di Firefox, menurut How To Geek, diakses Kamis (6 Mei 2021)

Mengaktifkan Autofill di Firefox

Untuk menggunakan fitur Autofill di Firefox, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

  • Buka Firefox dan klik ikon “Menu” yang digambarkan dengan ikon tiga baris di kanan atas. Untuk pengguna Windows, pilih “Option”, dan di macOS, pilih “Preferences”.
  • Setelah itu, Klik “Privacy & Security” yang ada di sebelah kiri layar “Setting” dan gulir ke bawah ke bagian “Forms and Autofill” di sebelah kanan.
  • Centang kotak opsi “Autofill” yang ingin anda gunakan. Anda dapat memilih “Autofill Addresses”, “Autofill Credit Cards”, atau keduanya.

Anda juga dapat menambahkan beberapa informasi lain di “AutoFill” untuk mempercepat pengisian formulir. Misalnya untuk menambahkan alamat, nomor telepon, atau alamat email, klik “Saved Addresses” lalu klik “Add”.


Berita Terkait:


Anda dapat memasukkan informasi sesedikit atau sebanyak yang Anda suka. Ini nyaman jika Anda hanya ingin menyimpan nama atau alamat email Anda. Setelah selesai, klik “Save” dan detailnya akan ditampilkan di daftar “Saved Addresses”.

Anda juga dapat menambahkan informasi Kredit pada fitur “Autofill” dengan mengklik “Saved Credit Cards”, lalu klik “Add”. Masukkan detail untuk kartu kredit Anda dan klik “Save”. Kartu tersebut kemudian akan ditampilkan dalam daftar “Saved Credit Cards”.

Anda tidak perlu khawatir untuk menyimpan detail kartu kredit Anda, karena Firefox memiliki pengaturan yang berguna untuk meminta otentikasi untuk mengisi rincian kartu kredit secara otomatis. Fitur ini tersedia di Windows dan macOS. Dengan mencentang kotak untuk meminta autentikasi, Anda akan diminta memasukkan sandi saat menggunakan kartu kredit.

Pengaturan otentikasi adalah opsional, tetapi jika Anda ingin keamanan tambahan itu, ada baiknya untuk mengaktifkannya.

Mengedit atau menghapus item Autofill

Jika Anda memiliki perubahan alamat atau tanggal kedaluwarsa baru untuk kartu kredit, Anda dapat dengan mudah mengedit item “Autofill” yang disimpan.

  • Untuk melakukannya masuk ke “Privacy & Security” kemudian klik  “Forms and Autofill”. Selanjutnya pilih  “Saved Addresses” atau “Saved Credit Cards.”
  • Untuk mengedit item, pilih item dalam daftar dan klik "Edit", danakukan perubahan anda, lalu klik “Save”.
  • Untuk menghapus item, pilih item di daftar dan klik “Remove”. Anda tidak akan diminta untuk mengkonfirmasi tindakan ini. Jadi, pastikan anda benar-benar ingin menghapus item tersebut sebelum mengklik tombol “Hapus”.

Setelah detailnya disimpan ke pengaturan “Autofill” Firefox, Anda akan diminta untuk menggunakannya saat mengisi formulir berikutnya.

Saat mulai mengetik di bidang formulir, Anda akan melihat opsi “Autofill” muncul di kotak kecil. Pilih item yang ingin digunakan, dan bidang lainnya akan terisi dengan detail yang anda simpan.

Ingatlah, jika Anda mungkin menemukan “Autofill” tidak berfungsi, karena Mozilla menyatakan bahwa jenis situs web tertentu (seperti situs keuangan) tidak akan menggunakan “Autofill”.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#autofillpassword   #perambanweb   #firefox   #webbrowser   #keamanansiber   #ancamansiber

Share:




BACA JUGA
83 Orang di Yogyakarta Ditangkap Terkait Operasi Pinjol Ilegal
Apple Saja Kurang Menghargai Temuan Bug Hunter
Bank Swasta Terbesar Ekuador Diretas, Aplikasi Bank hingga Jaringan ATM Terdampak
Privasi Data dan Komitmen Perusahaan
Kapolri Instruksikan Jajarannya Tindak Pinjol Ilegal