IND | ENG
Windows 10 Anda Mulai Melambat Performanya? Coba Lakukan Berikut Ini

Logo Windows | Foto: Unsplash

Windows 10 Anda Mulai Melambat Performanya? Coba Lakukan Berikut Ini
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Jumat, 30 April 2021 - 13:15 WIB

Cyberthreat.id – Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi dengan kode paling efisien dari Microsoft, tetapi ada saatnya aplikasi tersebut menjadi sangat lambat di perangkat pengguna.

Anda dapat mempercepat Windows 10 mulai men-defragment dan menghapus program yang tidak diinginkan hingga menonaktifkan efek khusus yang berlebihan, merestart ulang perangkat, dan langkah lainnya.

Berikut ini sejumlah langkah yang bisa Anda ambil untuk memulihkan performa kecepatan Windows 10, menurut TechRadar, diakses Jumat (30 April 2021).

  • Restart PC

Banyak pengguna tetap menjalankan mesin mereka selama berminggu-minggu tanpa mematikannya. Meskipun Windows 10 secara otomatis akan membuat layar tertidur, tetapi proses apa pun yang sebelumnya telah dimulai akan terus berlanjut. Ini dapat akan menumpuk dari waktu ke waktu dan memperlambat komputer anda.

Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mematikan PC setiap hari setelah selesai menggunakannya. Pastikan untuk menutup semua program yang sedang berjalan dan menyimpan pekerjaan anda sebelum melakukannya.

  • Update Windows

Microsoft terus merilis pembaruan untuk Windows 10 yang dirancang untuk memperbaiki bug umum yang mengurangi kinerja sistem. Jika kinerja mesin lambat, buka menu Windows dan ketik “Update” di bilah pencarian dan klik “Check for Updates” untuk mengakses pengaturan Anda.

Jika pembaruan besar tersedia, pastikan untuk menyimpan dan mencadangkan data pribadi anda sebelum melanjutkan. PC anda mungkin perlu restart beberapa kali untuk menerapkan semua pembaruan yang tersedia.

  • Periksa aplikasi startup

PC dapat menjadi lambat karena banyaknya proses yang berjalan. Hal ini sering terjadi karena banyak pemasang akan memerintahkan Windows untuk menjalankan program mereka segera setelah Anda masuk, memperlambat kecepatan sistem.

Untuk memeriksa program startup Anda, buka “Task Manager” (Ctrl+Alt+Del), lalu klik tab “Startup”. Perhatikan nilai “Startup Impact” untuk setiap program, misalnya “High” karena ini adalah cara yang baik untuk melihat aplikasi yang cenderung memperlambat sistem Anda.

Untuk mencegah program diluncurkan saat masuk cukup klik kanan dan pilih “Disable”.

  • Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah utilitas Windows bawaan yang sangat luar biasa. Anda dapat menggunakannya untuk menghapus file sementara yang terkumpul di mesin anda, seperti thumbnail gambar, file program yang diunduh, dan halaman web offline.

Untuk melakukannya, klik menu Windows dan ketik “Disk Cleanup” di bilah pencarian untuk memulai. Utilitas akan menawarkan Anda pilihan file untuk dihapus. Cukup tandai kotak centang di samping setiap opsi. Klik “Clean up system Files” untuk memulai. Disk Cleanup akan menghitung jumlah ruang yang akan anda hemat. Tempat yang mudah untuk memulai adalah folder “Downloads” anda.

  • Hapus aplikasi yang tidak perlu

Banyak vendor PC mengirimkan mesin mereka dengan aplikasi pihak ketiga yang dibundel, yang karena ukurannya yang besar dan sifatnya yang tidak perlu kadang-kadang disebut sebagai 'Bloatware'. Banyak pengguna komputer juga menginstal perangkat lunak untuk tujuan tertentu dan tidak pernah menggunakannya lagi, misalnya aplikasi untuk merancang buletin.

Program redundan menghabiskan ruang di hard drive Anda dan dapat mengurangi kinerja. Untuk memeriksa aplikasi yang Anda instal, buka “Control Panel” kemudian  Klik “Programs”, selanjutnya  pilih “Programs and Features” dan klik “Uninstall a Program”.

Anda dapat meng-klik kanan pada program yang tidak diperlukan lagi dan pilih 'Uninstall'. Windows 10 akan meminta izin untuk melakukan perubahan pada sistem, klik 'Ya' untuk melanjutkan.

  • Nonaktifkan efek khusus

Windows 10 agak berat di sisi efek khusus. Secara default, Windows dan fitur lainnya diprogram untuk memudar dan menghilang dari pandangan. Fitur intensif sumber daya tetapi tidak perlu lainnya termasuk tembus cahaya dan animasi.

Untuk mengembalikan PC Anda ke pengaturan dasar, buka Windows Menu>System>Advanced Settings>Performance Settings. Di bawah tab “Visual Effects” klik tombol “Custom”

Dari sini, Anda dapat menghapus centang pada kotak di samping pengaruh visual yang ingin Anda nonaktifkan. Klik “apply” untuk mengkonfirmasi perubahan yang anda lakukan.

  • Tingkatkan RAM

Kecepatan keseluruhan PC dapat ditingkatkan dengan meningkatkan jumlah memori virtual (RAM). Windows 10 membutuhkan minimal 4GB untuk berjalan dengan lancar, meskipun ini tidak memperhitungkan aplikasi yang haus sumber daya seperti video game.

Solusi termudah untuk ini adalah memasang lebih banyak RAM. PC Anda memiliki sejumlah slot RAM, Anda dapat memasukkan chip. Untuk menentukan jenis memori yang digunakan mesin Anda, buka “Task Manager (Ctrl+Alt+Del)” lalu klik “Performance”. Sistem akan menampilkan slot memori apa pun yang digunakan serta jenis yang digunakan, misalnya DDR4.

  • Jalankan pemeliharaan sistem

Windows 10 memiliki utilitas bawaan yang melakukan tugas pemeliharaan sistem rutin seperti men-defragment hard drive, memindai pembaruan, dan memeriksa malware.

Tugas-tugas ini biasanya berjalan di latar belakang saat PC menganggur tetapi jika anda memperhatikan masalah dengan kinerja sistem, anda dapat menjalankan pemeliharaan secara manual.

Untuk memulai, buka Control Panel>System and Security>Security and Maintenance. Klik panah untuk memperluas opsi perawatan. Dari sini Anda dapat memilih “Start Maintenance”. Kemudian tutup dan simpan semua file yang terbuka sebelum melanjutkan.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#windows   #windows10   #microsoft

Share:




BACA JUGA
Microsoft 365 Akhiri Dukungan Peramban Lawas Internet Explorer 11 Mulai 17 Agustus 2021
Hati-hati! Installer Windows 11 Palsu Berisi Adware dan Trojan
Kominfo Pantau Aktivitas Spyware Candiru
China: Tak Cukup Bukti Negaranya Operasikan Peretasan Global
AS dan Sekutunya Salahkan China di Balik Peretasan Microsoft Exchange Server