IND | ENG
Setelah Chrome dan Firefox, Microsoft Edge Dukung Protokol HTTPS secara Default

Microsoft Edge | Foto: Microsoft

Setelah Chrome dan Firefox, Microsoft Edge Dukung Protokol HTTPS secara Default
Andi Nugroho Diposting : Rabu, 28 April 2021 - 13:42 WIB

Cyberthreat.id – Peramban web bawaan Windows 10, Microsoft Edge, akan secara otomatis mengarahkan pengguna ke koneksi protokol HTTPS ketika berkunjung ke situs web yang masih memakai protokol HTTP.

Perubahan tersebut bakal mulai dirasakan pengguna pada Microsoft Edge versi 92 yang dirilis akhir Juli 2021.

Secara default, pilihan baru tersebut akan memungkinkan pengguna Edge untuk beralih dari HTTP ke HTTPS di situs web yang kemungkinan besar mendukung protokol lebih aman.

Namun, pengguna juga akan dapat mengonfigurasi peramban untuk meningkatkan semua koneksi ke HTTPS sebagai protokol default untuk semua domain, tulis BleepingComputer, diakses Rabu (28 April 2021).

Perubahan tersebut selanjutnya akan mengamankan lalu lintas web pengguna Edge dari upaya serangan man-in-the-middle (MITM—serangan menyadap data yang dipertukarkan melalui koneksi yang tidak terenkripsi (HTTP).

Karena hanya melalui koneksi tidak dienkripsi, program jahat yang berjalan di komputer dapat dengan mudah memantau semua informasi yang dikirim melalui situs web tersebut, termasuk sandi, info kartu kredit, dan berbagai info sensitif lainnya.

Microsoft Edge juga menambahkan opsi “Automatic HTTPS”, sehingga pengguna dapat mengaktifkan HTTPS untuk semua situs dengan bantuan ekstensi “HTTPS Everywhere” yang tersedia di toko Add-on Microsoft Edge.

Langkah Edge itu juga dilakukan oleh peramban lain. Mereka berupaya kuat untuk melindungi pengguna dari penyerang yang mencoba mencegat lalu lintas tidak terenkripsi.

Awal April lalu, Google Chrome v90 yang baru dirilis, secara default menggunakan HTTPS untuk semua URL yang diketik di bilah alamat jika tidak ada protokol yang ditentukan.

Begitu juga dengan dirilisnya Firefox 83, Mozilla juga menambahkan Mode “HTTPS-Only Mode” yang mengamankan penjelajahan web dengan menulis ulang URL secara otomatis untuk menggunakan protokol HTTPS (meski dinonaktifkan secara default, ini dapat diaktifkan dari pengaturan browser).[]

#microsoft   #microsoftedge   #windows10   #webbrowser   #http   #https

Share:




BACA JUGA
Microsoft 365 Akhiri Dukungan Peramban Lawas Internet Explorer 11 Mulai 17 Agustus 2021
Hati-hati! Installer Windows 11 Palsu Berisi Adware dan Trojan
Kominfo Pantau Aktivitas Spyware Candiru
China: Tak Cukup Bukti Negaranya Operasikan Peretasan Global
AS dan Sekutunya Salahkan China di Balik Peretasan Microsoft Exchange Server