IND | ENG
Windows 10 Kumpulkan Data Anda, Ikuti Langkah Berikut untuk Jaga Privasi

Logo Windows | Foto: Unsplash

Windows 10 Kumpulkan Data Anda, Ikuti Langkah Berikut untuk Jaga Privasi
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Rabu, 21 April 2021 - 10:16 WIB

Cyberthreat.id – Tahukah Anda jika Microsoft sering mengumpulkan data pengguna?

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Microsot mengumpulkan banyak data dari penggunanya setiap kali menggunakan Windows 10.

Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa membatasi apa yang dikumpulkan melalui “Pengaturan” Microsoft dan dengan mengelola akun Microsoft Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ShutUp10, aplikasi gratis yang memungkinkan Anda mengubah kebijakan pengumpulan data Windows 10.

Meski menonaktifkan beberapa setelan Windows dapat membatasi fungsionalitas Windows, pembatasan yang bijaksana atas jangkauan Microsoft adalah cara yang bagus untuk menjaga privasi.

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk melindungi privasi di Windows 10, menurut Tech Radar, diakses Selasa (20 April 2021),

Windows Permission. Buka “Settings”, lalu cari bagian “Privacy”. Di sisi kiri akan muncul sidebar panjang dengan berbagai bagian (dengan tepat menunjukkan seberapa banyak data anda dapat dibagikan dengan Microsoft dan pengembang aplikasi).

Di bagian berlabel “Windows permissions” akan muncul banyak  pengaturan privasi Windows. Anda bisa mematikan seperti ID iklan yang berada di “General”, “Inking & typing personalisation”, data diagnostik opsional di “Diagnostics & feedback”, dan opsi lainnya.

Perlu diperhatikan, bahwa menonaktifkan beberapa di antaranya mungkin memengaruhi beberapa fitur Windows (pastikan untuk melihat setiap pengaturan untuk detail tentang apa yang dapat terpengaruh).

App permissions. Bagian lain yang harus menjadi perhatian adalah berkaitan dengan izin aplikasi. Anda harus memeriksa izin ini dan melihat informasi apa yang dikumpulkan. Berikan perhatian khusus pada bagian Lokasi, Kamera, dan Mikrofon dan nonaktifkan, kecuali Anda membutuhkannya.

Bagian penting mencakup data lokasi, dapat dimatikan untuk semua aplikasi atau mengaktifkannya untuk setiap aplikasi. Selain itu, Anda dapat memutuskan apakah Windows sendiri dapat melihat lokasi Anda, menghapus data lokasi yang dikumpulkan sebelumnya, dan mencegah geofencing.

Background apps. Di bagian “App Permission”, gulir ke bawah dan klik “Background App”. Saat aplikasi berjalan di latar belakang, aplikasi tersebut mungkin mengumpulkan informasi pribadi (seperti data lokasi Anda) meskipun anda tidak sedang membuka aplikasi.

Untuk mencegah ini secara keseluruhan, nonaktifkan dengan mengklik sakelar di bagian atas. Jika tidak bisa melakukannya bersamaan, Anda dapat memilih per aplikasi. Sebaiknya biarkan beberapa aplikasi berjalan di latar belakang sehingga mereka dapat melakukan fungsi penting seperti memeriksa pembaruan Windows atau email baru.

Nonaktifkan Cortana.  Cortana dapat membantu pekerjaan, tetapi menggunakannya membutuhkan banyak informasi pribadi untuk Microsoft. Jika tidak nyaman dengan itu, yang terbaik adalah menonaktifkan asisten suara bawaan Windows 10.

Untuk melakukannya, klik ikon Cortana di bilah tugas, klik tiga titik di pojok kiri atas, lalu klik Settings>Sign out>Sign out lagi.

Sekarang buka “Settings” dan klik “Privacy”, lalu pilih “Voice activation”. Gulir ke bawah dan matikan dua pengaturan Cortana. Anda mungkin juga dapat menonaktifkan pengaturan aktivasi suara lainnya di bagian ini.

Data Microsoft Account

Jika Anda masuk dengan akun Microsoft di Windows 10, ada bagian terpisah untuk mengakses pengaturan privasinya. Buka “account.microsoft.com/privacy” dan masuk jika diminta, lalu klik tab “Overview”.

Di halaman ini, Anda akan melihat beberapa bagian yang membahas berbagai cara Microsoft menggunakan data pribadi. Anda juga dapat melihat dan menghapus data untuk riwayat penelusuran dan pencarian, lokasi, suara, dan aktivitas media, data Cortana, dan lainnya. Pastikan untuk meninjau dengan hati-hati informasi yang telah dikumpulkan dan hapus apa pun yang Anda rasa tidak benar-benar diperlukan.

Terkait Iklan yang dipersonalisasi. Di bagian atas halaman Overview, klik tab “Ad settings”. Seperti banyak perusahaan, Microsoft mengumpulkan data pribadi untuk menayangkan iklan kepada pengguna. Jika anda tidak merasa nyaman dengan ini, anda dapat menonaktifkannya di halaman ini.

Muncul dua toggle utama, yaitu “See ads that interest you” dan “See personalised ads in your browser”.  Yang pertama berkaitan dengan akun Microsoft anda, sedangkan yang terakhir terbatas pada browser anda saat ini. Matikan keduanya jika Anda tidak ingin informasi Anda digunakan untuk mempelajari preferensi dan menayangkan iklan yang dipersonalisasi.

Menggunakan ShutUp 10

Pendekatan alternatif adalah dengan menggunakan aplikasi gratis ShutUp10. Aplikasi ini menyediakan layanan all-in-one secara cepat untuk mengubah pengaturan privasi anda dengan cara yang ditargetkan dan terperinci.

Untuk melakukannya, unduh dan instal ShutUp10, lalu buka dan klik “Actions” lalu klik “Create a system restore point”. Ini akan memastikan setiap perubahan yang Anda buat dapat dibatalkan jika menyebabkan masalah.

  • Jika ingin kembali ke keadaan saat Anda membuka aplikasi, klik “Actions” dan klik “Undo all changes”.
  • Masuk ke daftar pengaturan dan gunakan sakelar untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur individu.
  • Klik setiap deskripsi untuk melihat penjelasan yang lebih panjang tentang apa saja yang tercakup dalam setiap fungsi. Tombol hijau berarti formulir pengumpulan data ini telah dinonaktifkan dan jika berwarna merah masih diperbolehkan.
  • Di sebelah kanan setiap deskripsi ada tanda centang hijau, segitiga oranye, atau tanda seru merah. Tanda centang hijau aman untuk diaktifkan, segitiga oranye dapat menyebabkan gangguan pada fungsionalitas Windows.

Anda juga dapat mengklik “Actions” dan menerapkan salah satu dari tiga set pengaturan, baik semua pengaturan yang direkomendasikan, pengaturan yang direkomendasikan ditambah segitiga oranye, atau semuanya (termasuk pilihan yang tidak direkomendasikan).

Apa pun yang dipilih, Anda tetap harus memeriksa daftarnya setelahnya untuk melihat apakah anda puas dengan pilihan ShutUp10.

Anda dapat mengekspor atau mengimpor pengaturan menggunakan menu File ShutUp10. Ini berguna jika ingin menggunakan pengaturan Anda di komputer lain tanpa harus melalui setiap opsi lagi di perangkat baru.

Terakhir, Anda mungkin diminta untuk memulai ulang PC saat menutup ShutUp10 agar perubahan diterapkan.

Redaktur: Andi Nugroho

#windows10   #microsoft   #datapribadi   #privasidankeamanan   #perlindungandatapribadi

Share:




BACA JUGA
Microsoft 365 Akhiri Dukungan Peramban Lawas Internet Explorer 11 Mulai 17 Agustus 2021
Hati-hati! Installer Windows 11 Palsu Berisi Adware dan Trojan
Kominfo Pantau Aktivitas Spyware Candiru
China: Tak Cukup Bukti Negaranya Operasikan Peretasan Global
AS dan Sekutunya Salahkan China di Balik Peretasan Microsoft Exchange Server