IND | ENG
Ini Cara Mengatur Mode Anak, Fitur Terbaru di Peramban Microsoft Edge

Microsoft Edge | Foto: Microsoft

Ini Cara Mengatur Mode Anak, Fitur Terbaru di Peramban Microsoft Edge
Tenri Gobel Diposting : Minggu, 18 April 2021 - 17:45 WIB

Cyberthreat.id – Kabar baik bagi orangtua yang memakai perangkat Windows. Sekarang Microsotf Edge, peramban web bawaan Windows 10, memperkenalkan fitur Mode Anak di Edge v90 yang diluncurkan pada 15 April lalu. (Baca: Microsoft Edge Terbaru Sediakan Fitur Mode Anak dan Password Monitor).

Mode Anak ini dirancang untuk membuat peramban web lebih aman atau ramah bagi anak-anak. Terdapat dua opsi rentang usia pada mode ini yakni 5-8 tahun atau 9-12 tahun. Perbedaannya, kelompok yang lebih tua mendapatkan umpan berita—yang dikumpulkan dari Microsoft Network (MSN)—sesuai dengan usianya di halaman tab baru.

Mode Anak memiliki kemampuan memblokir banyak pelacak yang digunakan situs web untuk iklan bertarget. Mesin pencari yang diatur dalam mode ini pun adalah Bing SafeSearch, yang mampu memblokir konten (teks, gambar, dan video) yang diperuntukkan usia 18+.

Fitur terbesarnya mode ini adalah akses terbatas ke internet secara keseluruhan. Secara default, Mode Anak membatasi akses hanya ke sekitar 70 situs populer yang berfokus pada anak. Orangtua diberikan fleksibilitas untuk mengatur daftar 70 daftar situs itu dan menambahkan situs yang sekiranya dapat diakses anaknya.

Di luar daftar itu, anak tidak dapat mengaksesnya karena diblokir oleh Microsoft Edge. Tidak perlu khawatir sekiranya anak akan mengeluarkan dirinya dari mode ini, karena untuk keluar diperlukan autentikasi orang tua berbekal kata sandi atau PIN.

Meski mode ini memungkinkan melepas anak berselancar, tetap pengawasan orang dewasa tetap menjadi prioritas utama yang disarankan.

Simak cara untuk mengatur dan menggunakan Mode Anak di Microsoft Edge untuk Windows 10 dan macOS seperti dilansir dari How To Geek, diakses Minggu (18 April 2021):

  • Buka peramban web Microsoft Edge dari Windows 10 atau macOS
  • Klik ikon profil Anda di pojok kanan atas jendela
  • Pilih "Browse in Kids Mode"

Sumber: Microsoft


  • Akan muncul halaman pengantar "Kids Mode" , klik "Get started" untuk melanjutkan
  • Anda akan diminta pilih rentang usia anak Anda antara "5-8 years" atau "9-12 years". Pilih salah satu untuk melanjutkan.
  • Setelah itu, mode anak akan aktif dan menampilkan tampilan Edge pada umumnya cuman di halaman tab baru muncul beberapa situs web anak-anak. Untuk menyesuaikan tema dalam mode ini klik "Colors and Background" di sudut kanan atas. Setelah memilih, anak Anda dapat menjelajah dalam batas aman mode ini.

Cara keluar dari Mode Anak

  1. Pada halaman mode anak, klik tombol "Kids Mode" di sudut kanan atas
  2. Pilih "Exit Kids Mode window"
  3. Anda akan diminta masukkan kata sandi atau PIN yang Anda gunakan sebagai administrator PC Windows atau Mac Anda. Ikuti langkah tersebut dan setelahnya Anda akan dibawa kembali ke jendela Microsoft Edge biasa.

Cara menyesuaikan pengaturan Mode Anak (mengubah rentang usia hingga menghapus dan menambahkan situs pada daftar situs yang diperbolehkan akses)

  1. Pada halaman Microsoft Edge biasa (bukan mode anak) klik ikon titik tiga di pojok kanan
  2. Pilih "Settings"
  3. 3 Pada halaman "Settings", gulir hingga menemukan bagian "Family", klik itu.
  4. Pada halaman "Family", Anda dapat mengubah rentang usia anak Anda. Ini dapat berguna bagi Anda yang memiliki banyak anak. Geser sakelar di sebelah "Always ask to choose age range before starting Kids Mode" agar Edge menanyakan rentnag usia yang akan digunakan saat memulai Mode Anak.
  5. Selanjutnya, klik "Manage allowed sites in Kids Mode" untuk menyesuaikan situs web yang dapat diakses. Ini memungkinkan Anda menambahkan atau menghapus situs web yang dapat diakses anak Anda.
  6. Klik ikon silang (x) disamping situs web untuk menghapus dari daftar situs yang diperbolehkan akses
  7. Untuk menambahkan situs web baru yang dapat diakses, pilih "Add website" di sebelah tulisan "Allowed websites".
  8. Masukkan alamat situs web atau URL di kotak teks dan klik "Add".[]

Redaktur: Andi Nugroho

#modeanak   #windows10   #microsoft   #microsoftedge

Share:




BACA JUGA
Microsoft 365 Akhiri Dukungan Peramban Lawas Internet Explorer 11 Mulai 17 Agustus 2021
Hati-hati! Installer Windows 11 Palsu Berisi Adware dan Trojan
Kominfo Pantau Aktivitas Spyware Candiru
China: Tak Cukup Bukti Negaranya Operasikan Peretasan Global
AS dan Sekutunya Salahkan China di Balik Peretasan Microsoft Exchange Server