IND | ENG
Mac Anda Mulai Lemot, Coba Kosongkan Ruang Penyimpanannya

Logo Apple | Foto: Pexels

Mac Anda Mulai Lemot, Coba Kosongkan Ruang Penyimpanannya
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Rabu, 07 April 2021 - 09:47 WIB

Cyberthreat.id – Komputer Mac Anda mulai terasa lemot saat digunakan? Jangan buru-buru ganti perangkat, bisa jadi ruang penyimpanan Mac sudah hampir penuh.

Jika ingin mengosongkan penyimpanan Mac dengan cepat, Anda bisa menggunakan opsi untuk memindahkan data ke harddisk eksternal atau iCloud Drive dan layanan cloud lain.

Berikut beberapa opsi yang dapat digunakan untuk mengosongkan penyimpanan di Mac, menurut 9to5Mac, diakses Selasa (6 April 2021).

Gunakan Finder

Di versi macOS lama, ada lokasi "All My Files" di Finder. Namun, di versi Big Sur, lokasi tersebut sudah tidak ada lagi dan digantikan dengan opsi "Recents".

Setelah memilih Lokasi “Recent”, Anda dapat mengurutkan file dan folder berdasarkan ukuran (ikon enam persegi) dan mulai menghapus data yang tidak perlu

Melalui Finder, Anda dapat melihat lokasi lain secara manual seperti dokumen, unduhan, dan lain-lain. Dari situ Anda tinggal menyortir data-data mana yang ingin dihapus agar ruang penyimpanan Mac terasa longgar.

Gunakan fitur About This Mac

Fitur “About This Mac” dapat membantu pengguna untuk melihat cuplikan penggunaan penyimpanan dan menawarkan rekomendasi untuk mengosongkan ruang.

  • Untuk melakukannya, buka Menu>About This Mac>Storage (tab di tengah atas).
  • Selanjutnya, klik “Manage” yang terletak di sebelah kanan Mac HD. Anda akan melihat daftar rekomendasi untuk mengosongkan penyimpanan.
  • Setelah melakukannya, Anda dapat mengklik lebih banyak lokasi dan aplikasi di bilah sisi kiri untuk melihatnya.
  • Dalam beberapa kasus untuk menghapus file dan data, Anda mungkin harus membuka aplikasi tertentu untuk aplikasi seperti “Photo”.
  • Perlu diingat, Apple tidak memberikan akses untuk menghapus data dari “Sistem” dan kategori “Lainnya” di sini. Anda juga hanya mendapatkan akses ke drive internal Mac Anda.

Gunakan aplikasi Disk Daisy

Meski menggunakan Finder dan About This Mac sangat membantu, pendekatan lain yang bisa digunakan untuk membereskan semuanya adalah dengan menggunakan aplikasi penganalisis drive visual Daisy Disk seharga US$ 9,99 per tahun.

Aplikasi ini menyediakan interface interaktif dan Anda dapat melihat pratinjau dan menghapus file langsung di aplikasi juga dapat menganalisis drive eksternal.

Daisy Disk menawarkan tampilan yang lebih dalam pada penyimpanan dan dapat mengungkapkan file sementara dan tersembunyi sehingga Anda tahu apa yang sebenarnya menghabiskan ruang disk.

Selain itu, interface yang penuh warna membuatnya cepat dan mudah untuk melihat file dan folder yang sangat besar. Perangkat lunak ini bahkan memberikan ruang kosong dan perhitungan gratis dan dapat dibersihkan.

Gunakan aplikasi Clean My Mac dan Sensei

Beberapa opsi praktis lainnya yang dapat membantu menghemat waktu menemukan file sampah, aplikasi terinstal, mengoptimalkan kinerja, dan lainnya adalah aplikasi Clean My Mac dan Sensei.

Kedua aplikasi tidak menganalisis disk yang mendetail seperti Disk Daisy, tetapi mereka menawarkan banyak utilitas yang berguna termasuk manajemen penyimpanan.

Aplikasi tersebut dapat diunduh gratis, tetapi jika ingin mendapatkan hasil lebih maksimal untuk Sensei, Anda bisa membeli senilai US$ 29 untuk langganan per tahun atau US$ 59 untuk lisensi seumur hidup. Sementara untuk Clean My Mac senilai US$ 35 per tahun atau US$ 89 untuk lisensi seumur hidup. Selamat mencoba![]

Redaktur: Andi Nugroho

#mac   #apple   #storage   #iclouddrive

Share:




BACA JUGA
Cara Menyetel Email Default di iOS 14
Apple Gagalkan Sekitar 1 Juta Aplikasi Jahat Masuk AppStore
Simak Cara Hentikan Permintaan ‘Save Password’ di Safari
Tombol Home iPhone Anda Rusak? Ini Cara Lain Mengunci Layar Ponsel
Fitur Privasi Apple: Hanya 13 Persen Pengguna iOS Izinkan Aplikasi Melacaknya