IND | ENG
Sembunyikan Notifkasi Aplikasi di Ponsel Android

Smartphone | Foto: freepik.com

Sembunyikan Notifkasi Aplikasi di Ponsel Android
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Selasa, 06 April 2021 - 16:25 WIB

Cyberthreat.id – Bunyi notifikasi di ponsel pintar Anda yang datang bertubi-tubi tentu sangat mengganggu, bukan?

Untuk menghentikannya, bisa saja menggunakan Anda menggunakan mode “Do Not Disturb” di ponsel. Sayangnya, pilihan tersebut kurang tepat. Mode ini hanya akan membuat Anda kehilangan panggilan atau email yang mungkin sangat penting.

Untungnya, Android telah hadir dengan berbagai fitur untuk mengatur notifikasi. Dikutip dari Tech Radar, diakses Selasa (6 April 2021), berikut beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mengatur notifikasi:

Matikan notifikasi untuk aplikasi tertentu

  • Untuk melakukannya, buka “Setting”, kemudian klik “Apps and notifications”, dan pilih “Notification”.
  • Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang baru-baru ini mengirimkan notifikasi.
  • Klik “See all from last seven days” dan Anda dapat melihat daftar aplikasi yang lebih lengkap.
  • Ketuk tombol “most recent” untuk mengubah cara daftar difilter, sehingga daftar ini menampilkan semua aplikasi anda atau “most frequent” terlebih dahulu. Anda juga dapat mengetuk ikon “search” di kanan atas untuk mencari aplikasi tertentu berdasarkan namanya.
  • Anda dapat mematikan semua pemberitahuan dengan tombol sederhana dari ikon sakelar di sebelah setiap nama aplikasi. Jika Anda mengetuk suatu aplikasi, Anda dapat membuat blok peringatan yang lebih dipesan lebih dahulu, memilih jenis pemberitahuan yang dikirim aplikasi untuk dimatikan.

Senyapkan notifikasi yang kurang penting

Jika memiliki ponsel Android 8.0 (Oreo) atau lebih tinggi, Anda dapat memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk muncul di layar ponsel anda.

  • Gesek ke bawah dari atas layar Anda untuk membuka layar notifikasi. Geser pemberitahuan ke kiri atau kanan, dan ketuk “ikon roda gigi” untuk mengakses pengaturannya.
  • Terdapat pilihan untuk membiarkan peringatan tetap aktif, tergantung pada sistem operasi smartphone Anda, atau mengalihkannya ke Senyap. Artinya, mereka akan muncul di ponsel Anda, tetapi tidak akan muncul dengan ping atau getaran.
  • Ini cara bagus untuk memperindah bagian atas layar sehingga semua peringatan penting muncul di samping waktu dan indikator sinyal ponse.
  • Untuk mengaktifkan tersebut, buka “Notification” dan pilih “Advanced”. Dari sini, aktifkan “Hide silent notifications in status bar”.

Snooze notifikasi untuk nanti

Anda pernah menerima pemberitahuan, tetapi tidak punya waktu untuk menanganinya sekarang?

Bagi pengguna Android, Anda dapat menundanya. Meskipun fitur ini telah ada sejak Android 8.0 (Oreo), fitur ini telah dinonaktifkan secara default sejak Android 10.

  • Untuk melakukannya, buka “Setting” kemudian pilih “Apps and notifications”, dan klik “Notifications”, lalu gulir ke bawah dan klik “Advanced”.
  • Aktifkan “Allow notification snoozing”. Maka setiap pesan yang diterima akan ditunda sampai Anda membuka ponsel anda.

Sembunyikan notifikasi pribadi di layar kunci

Jika Anda tidak ingin konten email dan pesan teks Anda berkedip di layar kunci, Anda dapat membatasinya. Fitur ini sudah ada sejak Android 6.0 (Pie). Jadi, hampir semua orang bisa melakukannya sekarang.

  • Untuk melakukannya, buka “Setting”, kemudian pilih “Apps and notifications”. Kemudian pilih “Notifications” dari daftar opsi yang muncul.
  • Lalu, klik “Sensitive notifications” ke posisi nonaktif. Anda masih akan menerima peringatan dari aplikasi setelah ini selesai, tetapi kontennya akan disembunyikan sampai anda membuka kunci perangkat.
  • Jika Anda tidak hanya ingin menyembunyikan notifikasi yang dianggap sensitif oleh Google, klik “Notifications on lock screen”.
  • Ini menawarkan beberapa opsi seperti, Anda dapat menampilkan semua notifikasi di layar kunci Anda. Cukup sembunyikan yang senyap, atau sembunyikan semuanya. Selamat mencoba![]

Redaktur: Andi Nugroho

#notifikasi   #ponselpintar   #android   #smartphone

Share:




BACA JUGA
Clubhouse Luncurkan Versi Uji Coba untuk Android, Isi Daftar Tunggunya di Sini
Clubhouse Mulai Uji Coba untuk Perangkat Android
Manfaat Penggunaan Safe Mode di Ponsel Android
Celah Keamanan di Chip Qualcomm Memungkinkan Peretas Memata-matai Perangkat Android
Terganggu Notifikasi Pop-up di Ponsel Android, Ini Cara Mematikannya