IND | ENG
Ingin Manfaatkan Email Sekali Pakai di Gmail, Ini Langkah Mudahnya!

Ilustrasi | Foto: pexels

Ingin Manfaatkan Email Sekali Pakai di Gmail, Ini Langkah Mudahnya!
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Kamis, 01 April 2021 - 16:24 WIB

Cyberthreat.id – Saat mendaftar suatu aplikasi online dengan email, Anda tentunya seringkali dibanjiri dengan pesan notifikasi layanan tersebut di kotak masuk (inbox).

Untuk menghindari email spam tersebut, pengguna disarankan untuk mendaftar dengan menggunakan alamat email sekali pakai. Pengguna dapat menggunakan trik khusus yang dimiliki oleh Gmail, penyedia layanan email milik Google.

Meski tidak memiliki layanan email sekali pakai, Gmail menawarkan kemampuan untuk membuat email yang dapat dibuang pengguna saat tak dibutuhkan lagi.

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Digital Trend, diakses Kamis (1 April 2021):

Pertama, ketika pengguna diminta untuk memasukkan email pada sebuah layanan yang tidak ingin menggunakan alamat email sebenarnya, ketikkan alamat email seperti biasa, tetapi akhiri alamat email dengan tag tertentu.

Misalnya, dalam alamat email sebenarnya “cyberthreatid@gmail.com” tambahkan “+unwantedmail” sehingga menjadi “cyberthreatid+unwantedmail@gmail.com”.

Dengan begitu, setiap email akan masuk ke dalam kotak masuk email dengan nama tambahan dan tag khusus akan langsung dihapus atau diblokir seluruhnya.

Kedua, setelah selesai menerima email ke alamat tertentu, pengguna dapat mengatur filter Gmail untuk memastikan bahwa secara otomatis menghapus semua email yang masuk ke alamat itu.

Untuk melakukannya, ketik tag khusus “+unwantedmail” di kotak pencarian di bagian atas kotak masuk dan klik panah di sisi kanan. Kemudian letakkan tag tersebut ke dalam bagian dari formulir filter dan klik “Create Filter”.

Terakhir, setelah mengisi formulir filter, centang pada pilihan “Delete It”, dan klik “Create Filter.

Kini pengguna tidak akan lagi melihat email apa pun yang masuk ke alamat khusus tersebut. Selamat mencoba![]

Redaktur: Andi Nugroho

#email   #gmail   #emailsekalipakai

Share:




BACA JUGA
Cara Menyetel Email Default di iOS 14
Tips Aktifkan 2FA di Layanan Email Enkripsi ProtonMail
Cara Hentikan Email Promosi yang Mengganggu di Gmail
Waspadai Penyebaran Email Phishing Imimg-iming Hadiah PS5
Mengirim Email dengan Kata Sandi? Ini Tips yang Bisa Anda Lakukan