IND | ENG

Kepala BSSN Resmikan Ruang Kerja Operasional BSrE
VideoGrafer : Nemo Ikram Diposting : Selasa, 30 Mei 2023 - 17:20 WIB

Cyberthreat.id - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) Hinsa Siburian meresmikan ruang kerja operasional Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) di Kantor BSSN Ragunan, Jakarta pada Jumat (26/5/2023).

Peresmian itu dilakukan oleh Hinsa Siburian didampingi Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Jonathan Gerhard Tarigan dan dihadiri oleh Sekretaris Utama BSSN Y.B. Susilo Wibowo, Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi BSSN Dono Indarto, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN Dominggus Pakel, Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN Sulistyo, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Industri BSSN Intan Rahayu, Kepala Biro Umum BSSN Endro Satoto, dan Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN Sigit Kurniawan.

Dalam sambutannya Hinsa mengatakan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Indonesia untuk mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam era teknologi informasi yang semakin maju, pelayanan publik yang efektif dan efisien bukanlah hal yang tidak mungkin. Melalui digitalisasi pelayanan, pemerintah dapat memotong waktu secara signifikan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan publik,” katanya.

Namun, Hinsa menambahkan, bahwa dalam penerapan teknologi informasi yang semakin meluas, harus diingat bahwa keamanan data dalam sistem elektronik pemerintahan sangat penting untuk dijaga. “Inilah tempat BSSN memainkan peran penting dengan menjaga keamanan pelayanan digital tersebut,” katanya.

“BSSN melalui BSrE memberikan layanan sertifikasi elektronik berupa tanda tangan elektronik yang dapat memberikan tiga aspek jaminan keamanan, yaitu autentikasi, keutuhan serta kenirsangkalan suatu dokumen elektronik,” ujar Hinsa.

Selain itu, Hinsa juga menambahkan, bahwa hingga bulan Mei 2023, jumlah sertifikat elektronik yang telah diterbitkan oleh BSrE telah mencapai 300 ribu. Kemudian, selama Januari hingga April 2023, rata-rata 108 stakeholder dilayani secara luring dan 264 stakeholder dilayani secara daring setiap bulannya. Angka ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari stakeholder dan menuntut BSSN untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal.

Ruang kerja operasional BSrE yang baru dibangun merupakan bentuk inovasi BSSN dalam meningkatkan profesionalitas, akuntabilitas, ketepatan, kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan layanan kepada stakeholders.

“Dengan tujuan sebagai solusi layanan, ruang kerja operasional BSrE ini menyediakan akses melalui berbagai saluran komunikasi seperti panggilan suara, surat elektronik, serta media sosial,” tambah Hinsa.

Hinsa berharap dibangunnya ruang kerja operasional itu menjadi komitmen BSSN dalam meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan dan juga memberikan pengalaman yang menarik bagi para stakeholder.

Kedepannya, kualitas layanan BSrE akan terus ditingkatkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga target sasarannya semakin tinggi.[]

Share:

BACA JUGA
Seni Menjaga Identitas Non-Manusia
Luncurkan Markas Aceh, Wamen Nezar Dorong Lahirnya Start Up Digital Baru
Awas, Serangan Phishing Baru Kirimkan Keylogger yang Disamarkan sebagai Bank Payment Notice
Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital
Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025